Jumat, 22 Maret 2013

Solusi untuk masalah PC tidak muncul di Network Workgroup

Kemarin, waktu saya mau share printer saya supaya bisa di gunakan teman sesekolah ada suatu hal yang janggal. Komputer PC saya tidak muncul di map Network komputer teman saya.
Saya coba cek nama workgroup komputer saya dengan komputer lain, ternyata sama. Cek di setting sharing profile ternyata juga visible ke jaringan. Sampai saya coba install ulang driver printer dan share ulang tetap saja tidak muncul di komputer teman saya.

Browsing-browsing situs lewat Google, ternyata banyak sekali kasus PC yang tidak muncul di peta jaringan komputer lain, tapi tidak ada solusi yang bisa mengatasi masalah saya, sampai pada akhirnya tanpa sengaja, saya berhenti di sebuah forum di internet (lupa nama forumnya) dan membaca tentang “Computer Browser Service”.
Sebenarnya judul thread di forum itu tidak seperti masalah yang saya hadapi, tapi solusi ini layak di coba. Langsung saya coba praktekkan, lewat Run di Windows 8 (Ctrl + R) saya ketik “Services.msc”.
Kemudian saya coba untuk mencari service “Computer Browser Service”, ternyata service itu sudah Running. Saya coba klik kanan, dan pilih Restart untuk me-restart service itu.
Setelah ditunggu beberapa saat, saya cek di komputer teman saya, ah.. ternyata berhasil. Nama komputer saya muncul di peta jaringan. Akhirnya saya bisa share printer saya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar